Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kemandulan

Kemandulan / ketidak suburan atau dalam dunia kesehatan dikenal dengan infertilisas merupakan keadaan dimana seorang individu tidak bisa menghasilkan keturunan setelah secara teratur menjalani hubungan intim dengan pasangannya tanpa kontrasepsi untuk waktu yang lama.

Kebiasaan gaya hidup yang buruk atau akibat kebiasaan seksual yang kurang sehat bukan merupakan salah satunya faktor yang dapat menyebabkan ketidak suburan tetapi ada beberapa faktor lain yang dapat mengakibatkan ketidak suburan yang terjadi pada pria,wanita ataupun keduanya.
Salah satu faktor lain yang dapat menyebabkan ketidak suburan adalah adanya penyakit diderita.

Berikut penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan ketidaksuburan, seperti dilansir boldsky, Sabtu (9/6/2012):

1. Diabetes pada pria
Diabetes telah didiagnosa sebagai salah satu penyakit yang menyebabkan masalah infertilitas pada pria. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Inggris, sperma pada pria diabetes mengalami kerusakan DNA. Konsentrasi sperma juga terpengaruhi secara signifikan dalam kasus ini.

Perubahan konsentrasi dan kerusakan DNA menyebabkan embrio tidak dapat terbentuk juga tidak dapat memberikan semua kode genetik.

2. Penyakit Celiac pada pria dan wanita
Penyakit Celiac adalah suatu kondisi di mana lapisan dari usus kecil rusak sehingga tidak bisa menyerap bagian dari makanan yang penting agar tubuh tetap sehat.

Wanita yang menderita penyakit ini biasanya memiliki masa reproduksi lebih pendek dan menopause dini. Sedangkan pada pria, penyakit ini dapat menyebabkan disfungsi gonad yang berpengaruh terhadap fungsi testis. Jadi penyakit ini adalah salah satu penyebab kemandulan.

3. Gangguan tiroid pada wanita
Lebih dari 10 persen masalah ketidaksuburan pada wanita adalah karena berat badan dan gangguan pada tiroid. Masalah tiroid mempengaruhi ovulasi dan kemampuan seseorang untuk mempertahankan kehamilan.

Wanita dengan antibodi tiroid memiliki peningkatan jumlah sel pembunuh alami yang menyerang perkembangan embrio, yang berimplantasi mengganggu dan bahkan menyebabkan keguguran pada beberapa kasus.

Tetapi tak perlu khawatir bagi yang memiliki gangguan tiroid. Wanita dengan gangguan tiroid dapat dengan mudah mempertahankan kehamilan dengan pengobatan medis yang efektif.

Sumber: detik.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kemandulan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top